Jumat, 07 Januari 2011

~IntRoductIon toolS guest Room AttEndant~

Di page ini bakal ngebahas tentang alat-alat yang akan digunakan oleh housekeeping dalam membersihkan area,seperti public area,guest room area,dll. Yaitu terdiri dari:
1.Broom
*Digunakan untuk mengangkat debu/kotoran yang menempel pada lantai sehingga lantai menjadi bersih dari debu/kotoran 

2.Dustpan 
*Digunakan untuk menaruh sampah,kotoran yang telah disapu 

3.Mop
*Digunakan untuk mengepel lantai yang sudah disapu

4.Mopping trolley












5.Hand brush
*Digunakan untuk menyikat lantai












6.Cleaning kit
*Digunakan sebagai tempat menyimpan perlengkapan/alat-alat untuk melakukan prosedur pembersihan












7.Metalic presser












8.Pail/bucket 
*Digunakan sebagai tempat menaruh air dimana air tersebut bisa dicampur dengan cairan pembersih atau tidak dicampur oleh cairan pembersih












9.Floor sign
*Tanda yang digunakan pada saat GRA sedang melakukan mopping pada lantai sehingga tamu mengetahui bahwa lantai tersebut dalam keadaan mopping untuk mencegah tamu agar tidak terpeleset atau tergelincir











10.Toilet bowl brush
*Digunakan untuk membersihkan toilet bowl












11.Floor cloth
*Digunakan untuk mengepel lantai sehingga lantai menjadi bersih











12.Squeegees









13.Sponge rag









14.Cloth










15.Gloves 
*Biasanya sarung tangan digunakan pada orang yang mempunyai kulit sensitif jika terkena cairan pembersih sehingga diwajibkan untuk memakai sarung tangan








16.Vacuum cleaner
*Digunakan untuk menghisap debu/kotoran yang menempel pada lantai









17.Toilet bowl cleaner 
*Pembersih yang dipakai untuk membersihkan toilet bowl












18.Porcelain cleaner
*Digunakan untuk membersihkan lantai keramik biasanya digunakan di kamar mandi












19.Abbrasive powder












20.Glass cleaner 
*Cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan kaca
 











21.Floor cleaner
*Cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan lantai












22.Airfreshener












23.Disinfectant
*Digunakan untuk membunuh serangga,nyamuk 






























*MEMBERSIHKAN KAMAR TIDUR
1.Seorang housekeeping bertanggungjawab atas kebersihan, kerapihan, kenyamanan di kamar tidur.
2.Hal ini akan dilihat oleh Supervisor dan laporan mengenai kebersihan kamar harus diberikan kepada executive housekeeper 
3.Hal ini menjadi tanggung jawab guest room attendant


1.Tanggung jawab guest room attendant:
-membersihkan dan merapikan kamar tidur (baik kamar occupied, check out room, vacant room)
-membersihkan kamar mandi
-menyiapkan kamar tidur untuk malam hari
-merapikan kamar tidur dan kamar mandi
-menyiapkan tempat tidur tambahan jika tamu terdiri dari 3 orang atau lebih


2.Seorang GRA harus memperhatikan:
-Seragam:bersih,rapi,baik
-Rambut:bersih,rapi,disisir
-Muka:light make up
-Sepatu:datar/flat shoes
-Perilaku:jujur,bijaksana,sopan


3.Aturan penting yang harus dilakukan seorang GRA:
-Datang bekerja dengan menggunakan kartu pintu masuk
-Sebelum memulai pekerjaan,GRA harus mengecek kebersihan seragam dan pribadi
-Jangan memeriksa pakaian tamu atau mencoba pakaian tamu
-Jangan menggledah pakaian tamu di rak/laci
-Jangan mengambil minuman dari kulkas
-Jangan beristirahat/tidur di kamar tamu
-Jangan mengintip kamar melalui lubang pintu kamar
-Jangan mendengarkan orang berbicara di depan pintu kamar tamu
-Jangan berlama-lama di daerah publik
-Jangan mengetuk pintu atau mauk kamar jika terdapat tanda dnd sign
-Jangan melakukan chat dengan rekan kerja anda karena akan mengganggu pekerjaan anda

4.Status kamar:
-O:Occupied=menunjukkan bahwa tamu sedang berada/tinggal di kamar tersebut dan adanya koper/bagasi di dalam kamar tamu karena tamu tersebut masih dalam status terdaftar di kamar tersebut
-V:Vacant=menunjukkan bahwa kamar tersebut kosong,bersih,dan siap dijual
-HU:House use=kamar untuk staff yang bekerja di hotel
-CI:check in=kamar yang baru saja disewa oleh tamu
-DL:Double lock=tamu mengunci kamar 2 kali sehingga GRA tidak dapat membersihkan kamar
-SO:Sleep out=ruangan disewa oleh tamu tetapi tamu belum tinggal di kamar tersebut
-DND:Don't disturb=ditunjukkan oleh tamu yang tidak ingin diganggu dan biasanya digantung di depan pintu kamar
-CO:Check Out=untuk tamu yang sudah tidak tinggal lagi di kamar tersebut dan kamar tersebut dibersihkan dan dipersiapkan untuk tamu yang baru
-OOO:Out of order=kamar yang tidak dapat digunakan karena ada kerusakan mekanik di dalam kamar sehingga kamar tidak bisa dijual ke tamu
-R:Ready=ruangan kamar kosong dan layak dihuni oleh tamu

5.GRA harus mempunyai trolley cart:
- Trolley cart penting bagi Gra untuk membawa semua hal yang diperlukan GRA dalam membersihkan kamar
-Melengkapi trolley dan membersihkan trolley dilakukan pada saat awal dsebelum memulai pekerjaan menjadi GRA
-Di dalam trolleybiasanya berisi:perlengkapan pembersih,persediaan linen,persediaan perlengkapan untuk tamu

6.Trolley cart harus:
-Harus diparkir di dekat atau mepet dengan dinding agar tidak menghalangi lalu lintas public section 
-higenis
-Harus diorganisir dengan baik agar cepat menemukan material yang dibutuhkan dan terorganisir dengan baik sehingga barang gampang untuk dicari
-Terakhir barang ditaruh di store room 
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar